Jalan3Angkatan2013 - Tidung Island (Part 1)

6 Jul 2013

gue menulis ini dalam keadaan yang masih amat sangat pegel-pegel, abis liburan ke pulau selama 3 hari 2 malam. tadinya males banget buat nulis, tapi dari awal mau berangkat udah niat kalo perjalanan ini kudu masuk ke blog, jadi yaaa akhirnya gue membuat diri gue untuk mendapatkan mood yang baik untuk menulis, hem bercerita maksudnya.

perjalanan ke tidung ini sudah direncanakan sejak awal masuk ke semester genap, atau mungkin sudah dari semester ganjil, ah entahlah, gue gatau. gue bukan panitia. Jalan3Angkatan ini udah jadi hal rutin dilakukan sejak gue masih semester 2. kegiatan ini dilakukan untuk menjaga silaturahmi dari 3 angkatan, sekaligus sebagai pelepasan bagi angkatan yang akan lulus pada tahun dilaksanakannya kegiatan ini, kebetulan tahun ini angkatan gue yang akan lulus. jadi boleh dibilang acara ini dibuat khusus untuk angkatan 2010.

tahun lalu gue panitia, gue tau banget susah dan ribetnya buat ngajak senior untuk ikut acara ini, terlebih karena dulu itu kita bikin acara sebelum nilai pada keluar, jadi memang agak sulit. tapi tahun ini panitia sengaja membuat acara setelah semua nilai keluar, dengan maksud agar banyak yang ikut, nyatanya… yaa gitu lah. angkatan gue sendiri aja hanya 25 orang yang ikut, padahal ‘katanya’ sih angkatan 2010 itu kompak banget, tapi masih aja tuh ada yang ga ikut~

gue jadi inget tweetnya Luthfi :

“Kalau dia ga ikut, gw juga ngga ah” ini adalah perkataan ababil yg ga mau ikut jalan 3 angkatan
Kemana aja 3 taun wooooy ! Kalau masih berpikir geng”-an, capeeeeek deeeeh

yaa pokoknya total yang ikut katanya ada 64 orang, dari angkatan gue itu kalo ga salah ada sekitar 25 orang, angkatan 2011 ada 30 orang, dan dari 2012 ada 15 orang. (25+30+15=70? yaa gitulah pokoknya)
H-2 gue mulai packing, gue mulai menentukan mau bawa baju apa aja kesana. kenapa gue akhirnya packing h-2? karena rencananya, besok gue mau ikut siaran di TraxFMJKT sekalian #AlderVersary, makanya gue mau packing sekarang, supaya besok ga keteteran. namun pada nyatanya, gue cuma berhasil ngeberantakin lemari. gagal packing
H-1 gue memutuskan untuk batal ikut siaran, yaa biarin deh yaa. gue udah keseringan main ke lantai 8, nanti malah bosen gue datengin terus :p akhirnya gue mulai packing dengan benar, tapi tetep aja gue cuma beantakn kamar, jadilah gue bawa baju seada-adanya. yang gue liat aja gue bawa, dan ga ketinggalan perintilan yang diwajibkan oleh panitia, saking ribetnya adek gue nanya, “kaka mau ke tidung, atau mau LDKS, banyak bangget barangnya”.
karena besok berangkat sebelum subuh, maka gue memutuskan untuk nginep di kosan yang ada di depok, supaya lebih nyaman(?) tadinya mau nginep di kosan alida, tapi gue batalkan karena ada 3 alasan. 1. gue males kesana, karena pasti banyak anak-anak yang juga nginep dikosan situ. 2. dari kosan ke stasiun UI cukup jauh, dan gue bawa gembolan. 3. panitia sudah menyiapkan kosan yang bisa ditumpangi, jadi sayang aja kalo ga dimanfaatkan fasilitas dari panitia. gitu :) dari sekian banyak kosan yang ditawarkan oleh panitia, gue memutuskan untuk nginep di kosan Putu, dan karena laper, gua ajaklah si Putu makan, kita berdua memilih makan ayam penyet WSG yang pedesnya luar biasa. yang biasanya gue makan ayam penyet ga pake kecap, kali ini gue pake kecap loh, banyak pula kecapnya, udah gitu pake nambah minum. gila banget pedesnya. abis kelar makan itu, gue berdoa banget supaya perut gue ga berulah :)
hari H gue dan putu bangun sebelum jam 3, selesai mandi dan beberes, kita langsung menuju stasiun UI buat kumpul dengan peserta dan panitia lain. ternyata bus untuk mengangkut kita agak terlambat dan gapapa sih, toh sampe angke juga ga terlambat. sampe di angke, kita solat dan panitia mengurus segala administrasinya, setelah itu kita boleh naik ke kapal. oke ini kedua kalinya gue naik kapal, tapi dulu naik kapalnya yaa langsung naik kapal yang dimaksud (?) kalo sekarang naik kapalnya, harus ngelewatin kapal-kapal lain dulu, yaa gitu deh maksudnya -__- sampe di kapal, anak-anak mulai sibuk cari posisi paling nyaman buat istirahat, beberapa ada yang langsung minum antimo dan langsung terlelap. gue sih ga mabuk laut, tapi buat jaga-jaga akhirnya gue juga ikutan aja minum antimo itu. perjalanan dari angke ke pulau sekitar 3jam. dalam perjalanan, gue asik mentengin laut sama langit, sayangnya waktu itu langitnya ga cerah, gue sedih.
mungkin gue norak kali yaa, gue langsung melotot girang gitu pas di laut ada garis pembatas antara laut yang butek, laut dengan ombak yang besar, sampe laut dengan air yang cukup tenang. perbedaannya jelas banget, kayak ada garis pembatasnya gitu, ih gue norak! udah gitu gue liat ada ikan ikan kecil yang terbang-terbang gitu, ih lucu!
perjalanan masih panjang, gue masih anteng liat langit dan laut, sesekali juga mencoba tidur, dan ketika di laut mulai ada sampah, maka itu tandanya sudah dekat dengan peradaban manusia.
sampe sana, gue dan rombonga kesulitan untuk keluar dari kapal, yaa itu karena penumpang yang mau naik kapal balik, udah rebutan naik kapal, harusnya sih yaa yang keluar dulu selesaikan sampe habis, baru deh yang pada mau naik silahkan masuk. ish! gue kesel! keluar dari kapal, gue kebelet, pengen buru-buru sampe homestay, gue ngerengek ke ryan, biar cepet ke homestay, tapi ya gitu, gue doang yang ngerengek. ini juga gue ngerengek karena gue kebelet. kalo engga kebelet juga gue anti banget ngerengek minta cepet sampe. dan karena gue paling kepengen cepet sampe, jadilah gue jalan duluan, yaa di depan gue ada ryan muti adit sama mas mas homestay. sampe sana gue langsung kabur ke kamar mandi. wih, legaa~
nah saat itu jam 10.30 pagi menjelang siang. setelah berbagi kamar dan beberes, kami peserta dikumpulkan di depan homestay untuk mengikuti peraturan yang dibuat oleh panitia, seperji, menjaga kesopanan, menjaga kebersihan, menjaga barang2 pribadi dll. setelahnya kami diminta untuk menggantungkan botol air mineral di manapun selama masih dalam jangkauan homestay, nanti botol kosong itu akan diisi oleh surat surat misterius oleh seseorang yang tidak kita ketahui. orang misterius ini ya peserta/panitia juga, yang dipilih secara random. kebetulan, gue dapet sebuah nama yang gue kenal banget orang ini, gue tau kelakuanya, karena dia pasti banget gue liat selama liburan ini, dan gue yang harus menulis surat untuk dia. gampang!
setelah acara itu, kami makan siang, ditemani oleh kucing-kucing daerah sini. dan ternyata, banyak panitia dan peserta yang jejeritan hanya karena kucing. kasian kucingnya :(
kelar makan, kami diizinkan untuk beristirahat, boleh juga jalan-jalan. bebas aja kok. gue istirahat sebentar, trus keluar kamar buat jalan-jalan siang. panas membabi buta banget pokoknya. dan yang lebih gila lagi, ketua kelas gue benendem aja tuh dilaut sana, panas-panas gini! hih gatau deh itu anak kenapa. balik dari laut doi bawa bintang laut loh~
kelar gue berpanas-panasan. gue memutuskan istirahat, tidur-tidur lucu menanti senja. setelah tidur, gue melihat teman-teman gue menghilang, oh ternyata mereka pergi mencari pantai. weslah, gue mandi aja duluan, nanti antri. kalo udah antri, gue malah males mandi. kelar mandi, gue konkow lucu di depan homestay sama anak-anak yang udah balik dari jalan-jalan. kebetulan panitia sedang mempersiapkan acara buat senja ini. acara ini semacam acara perkenalan gitu, jadi masing-masing kepala diberikan 1 lembar blanko, yang isinya semacam kode(?) seperti, aku suka memakai jam disebelah kanan. aku tidak bisa naik motor. aku punya pacar sekelas. dll. yaaa intinya nanti kita harus mencari orang yang punya ciri-ciri kayak gitu. gitulah pokoknya. saat saling mengisi blanko gue cukup antusias, saking antusiasnya, gue sampe banjir keringat -___- kelar acara itu, kita langsung siap menikmati senja dengan akustikan di pendopo depan homastay, sayangnya senja tak terlihat. senja sembuni dibalik awan mendung. senja malu, senja malu menemui kami yang menginginkan kehadirannya ~
bersambung~
rizka amalia, pengagum senja


TAGS cinta dunia nyata Jalan3Angkatan2013 review pantai pulau


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post